Peraih Beasiswa HMI Luncurkan Buku Gagasan Ke-Indonesiaan

Independensi.id,Kediri– HMI senantiasa identik dengan kekerasan dari demonstrasi hingga anarkisme. Namun lain halnya dengan anak-anak HMI yang mendapatkan beasiswa bahasa Inggris dari Yayasan Insancita Bangsa (YIB) 2016. Para penerima beasiswa ini menginisiasi buku bunga rampai tulisan yang berjudul, Pijar Hingga Terang .

Buku yang mencantumkan Yusran Darmawan, seorang profesional blogger dan penulis, sebagai penulis kata pengantar, turut mendapat sambutan hangat dari Prof. Dr. Siti Zuhro ( Peneliti Senior LIPI) dan Mulyadi P Tamsir (Ketua Umum HMI 2015-2018).

Sebagai gambaran bahwa buku ini adalah kumpulan tulisan yang membahas Indonesia dalam berbagai perspektif dan multi disiplin. Mulai dari sisi ekonomi, politik, sains dan pendidikan, hingga kesehatan yang semuanya itu adalah harapan dan kekuatan bagi bangsa Indonesia menuju negara maju dan berperadaban. Buku yang berisi 21 tulisan ini rencananya diluncurkan pada awal Desember dan dapat dipesan secara online.

Buku yang dikurasi oleh Fitria Anis Kurly asal Malang, Diyono Harun asal Ciputat,dan Dhihram Tenrisau asal Makassar, akan menjadi pemantik dan perkenalan mengenai HMI dan YIB khususnya pada para kader se-Indonesia. Hal itu dijelaskan oleh Anita selaku salah satu awardee dan penulis

“Ini adalah buku pertama kami, kami berharap bahwa siapa saja yang membaca buku ini agar senantiasa menginspirasi untuk Indonesia dengan jalan belajar dan berkarya di bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Selain dari hal tersebut, dara Aceh yang juga Pengurus Besar Korps HMI-wati ini menambahkan agar buku ini dapat membuktikan bahwa HMI masih menjunjung nilai intelektual.

“Harapannya para kader HMI dapat berpikir untuk melanjutkan studi ke luar negeri dan menulis. Tidak hanya menjadi politisi saja”, lanjutnya.

Buku tersebut  dirilis di akhir masa periode pembelajaran di Pare, Jawa Timur pada minggu, 04 Desember 2016. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum Yayasan Insan Cita Bangsa sekaligus rektor UNNISULA dan anggota DPR-RI, Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin, MSc, M.Eng. serta pelaksana yayasan, Ismet Djafar dan juga semua YIB Awardee yang berjumlah 30 orang dan tamu undangan diperkirakan datang 100 orang. Acara ini bertempat di Global English Center, di Jalan Brawijaya No.66 Tulungrejo, Pare, Kediri.

Cetakan pertama dari buku ini akan dipromosikan ke berbagai daerah mulai dari Sabang sampai Merauke. Mengingat banyaknya kader HMI yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, hasil dari penjualan buku ini, akan disumbangkan kepada Yayasan Disabilitas yang ada di Mojokerto. Ini adalah bukti yang nyata yang dilakukan oleh anak muda (para penulis) ini untuk masa depan Indonesia.

Sebagai tambahan, Yayasan yang diinisiasi oleh para anggota alumni HMI (Kahmi, red.) merangkul para anggota-anggota organisasi pemuda Islam tersebut untuk dipersiapkan melanjutkan studi ke luar negeri. Beasiswa ini dikhususkan untuk para kader HMI untuk mempersiapkan mendapatkan beasiswa dan kampus. Selama hampir setengah tahun mereka yang lulus dikarantina di Kampung Bahasa Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur (shofa).

Apa Komentar Kalian?