LAPMI Kota Bogor Kecam Ketua DPRD Usir Wartawan

Independensi.id, Bogor – Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Kota Bogor mengecam sikap Ketua DPRD Kota Bogor, Untung W. Maryono yang melarang peliputan dengan mengusir wartawan saat rapat finalisasi RAPBD perubahan, di Gedung DPRD Kota Bogor, Senin (10/10/2016) beberapa waktu yang lalu.

Menurut Direktur Umum LAPMI Kota Bogor, Aru Prayogi menilai tindankan yang dilakukan oleh ketua DPRD tersebut sangat menciderai demokrasi sebagai yang telah di amanatkan UUD 1945, dan kemerdekaan pers yang dijamin Undang-undang.

“ Dia (Untung) telah mencederai kebebasan dan kemerdekaan pers, apakah dia lupa kalau kebebasan pers adalah salah satu amanat refomasi,” ujarnya melalui presreales, Rabu (12/10/2016)

Lebih lanjut ia menambahkan dalam Undang Undang No. 40 Tahun 1999 menyatakan, Kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara. Pers mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi. Oleh sebab itu, bentuk pelarangan liputan bahkan pengusiran wartawan sangat bertentangan dengan Undang-undang.

“Ini merupakan contoh yang tidak terpuji, apalagi yang melakukannya adalah seorang ketua DPRD, seharusnya bisa bersikap santun dan ikut mendorong demokratisasi melalui pers, ” imbuhnya

Ia menilai tindakan  ketua DPRD Kota Bogor telah melanggar Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999, sehingga patut dilaporkan ke pihak yang berwenang. “ Sebagai bentuk solidaritas kami akan laporkan masalah ini kepihak yang berwajib,” tegasnya (Taufik)

 

Apa Komentar Kalian?