Kasus Saut Situmorang Dihentikan, HMI Majalengka Gelar Audiensi

Independensi.id, Jakarta – Himpunan Mahasiswa Majalenga (HMI) Cabang Majalengka menggelar audiensi kepada Polres Majalengka terkait pemberhentian kasus Thony Saut Situmorang, yang diduga telah melanggar pasal 310 KUHP jo 311 KUHP, tentang pencemaraan nama baik dan atau fitnah, yang dilakukan Saut terhadap lembaga HMI pada saat menjadi narasumber di sebuah stasiun televisi swasta, pada beberapa waktu silam.

Dalam audiensinya, Agus Bagus sebagai ketua umum mempertanyakan penyebab diberhentikanya penyelidikan terhadap salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut, karena dalam surat yang disampaikan kepada PB HMI dari Badan Reserse Kriminal (BARESKRIM) POLRI, tidak disebutkan Delik apa yang tidak memenuhi tindak pidana dalam kasus tersebut.

 “Seharusnya Bareskrim Polri menyampaikan delik apa saja yang tidak terpenuhi, jangan sampai pemberhentiaan kasus tidak didasarkan pada teori-teori hukum pidana yang ada, karena dari hasil diskusi kami dengan beberapa Advokat dan Dosen Hukum Pidana, Pernyataan Saut itu sudah memenuhi unsur tindak pidana, kalau toh memang ada yang salah, mari kita diskusikan dengan penyidik dari Polri,” Ajaknya, seusai beraudiensi, Senin (14/11/2016) di Polres Majalengka.

Agus juga menyampaikan kekecewaanya terkait jawaban dari Polres Majalengka, dalam hal ini diwakili oleh Wakapolres yang menyebutkan bahwa pihaknya tidak mengetahui unsur pidana yang tidak terpenuhi itu, karena setiap penyidik bukan dari Polres Majalengka.

“ Walaupun Penyidik bukan dari Polres Majalengka, sebaiknya setiap polres mengetahui setiap kasus dengan alasanya, karena Polres merupakan kepanjangan tangan dari POLRI, yang saya khawatirkan dapat menimbulkan gejolak besar oleh kader HMI, kalau pemberhentiaan setiap kasus tidak jelas. Kedepan juga kami akan mengadakan aksi terkait ini.” Paparnya.

Mengawal Kasus

Selain itu membahas hal itu, HMI cabang Majalengka berkomitmen akan terus mengawal kasus-kasus yang ada di Polres Majalengka, khususnya kasus yang dianggap melenceng dari nilai-nilai keadilan yang dirasakan oleh masyarakat Majalengka.

Kami menyambut baik niat yang dilakukan adik-adik Mahasiswa, kami juga siap untuk bekerjasama denga HMI Cabang Majelengka untuk bersama-sama mengawal setiap kasus dan menjaga kodusifitas di Majalengka”, Ujar Booby Indra, SH, SIK, M.H, Wakapolres Majalengka. (Adim)

Apa Komentar Kalian?