HMI Situbondo Adakan Diklat Jurnalistik Dasar

Independensi.id, Situbondo -Kunjungan Direktur Utama Bakornas LAPMI PB HMI di Kabupaten Situbondo, disambut hangat oleh sejumlah kader HMI Situbondo.
Kunjungan tersebut dimanfaatkan betul oleh segenap kader HMI Situbondo untuk bertanya segala hal yang berkaitan dengan persoalan jurnalistik dan ke-LAPMI-an.

Diklat jurnalistik itu digelar di kantor Komisariat Situbondo pada hari Senin (01/08/2016) dan dihadiri oleh puluhan anggota HMI Komisariat Situbondo.

Dalam kesempatan tersebut,Muhammad Shofa memberikan materi terkait jurnalistik dan dunia tulis menulis. Menurutnya, setiap diri manusia itu memiliki sembilan kecerdasan yang salah satunya adalah kecerdasan linguistik. Dasar kecerdasan linguistik itulah yang harus dipoles oleh kader HMI agar semakin tajam dan terasah.

“Sebenarnya,untuk menulis itu tidak butuh bakat, cukup memiliki kemauan dan komitmen” ujar Shofa.

Aktivis asal Cabang Surabaya itu juga menyampaikan pentingnya kader HMI melek pada informasi yang dikabarkan oleh media. Dalam penyampaiannya, alumnus UIN Surabaya itu menyatakan bahwa saat ini kita tidak bisa terlepas dengan yang namanya media. Maka, media saat ini menjadi harus juga menjadi ruang aktualisasi yang progres bagi kader HMI ke depannya.

Ketua umum HMI Komisariat Situbondo Anul Burhan menyatakan bahwa perkembangan dunia media yang kian pesat saat ini mesti disikapi oleh segenap kader HMI dengan menumbuhkan minal dan skillnya di bidang jurnalistik dan kepenulisan.

“ Harapannya ke depan Komisariat Situbondo bisa lebih aktif lagi menuangkan gagasan dan pemikirannya dalam dunia jurnalistik”ujarnya.

Anul Burhan juga berharap kegiatan diklat jurnalistik ini dapat memotivasi segenap kader HMI untuk menambah wawasan mereka tentang jurnalistik.

“Dalam beberapa bulan kedepan,Insya Allah akan diadakan diklat jurnalistik dasar yang lebih terstruktur dan sistematis” pungkas Ketua Umum HMI Situbondo.

Sementara itu, Adi Saswito, salah seorang peserta Diklat mengatakan bila kegiatan semacam ini manfaatnya akan sangat terasa bila ada pengawalan dari segenap pemangku kepentingan di HMI.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh HMI ini sangatlah menarik serta menambah motifasi dan semangat untuk menggeluti dunia tulis menulis” ujar Adi Saswito.

Di sisi lain, Sainur Rosyid salah satu anggota KAHMI Situbondo menyambut positif saat dimintai tanggapannya terkait kegiatan Diklat Jurnalistik Dasar ini.

“Jurnalistik merupakan kecerdasan linguistik yang ada pada setiap manusia. Nah, setiap personal memiliki potensi untuk mengembangkan potensi linguistiknya lewat kegiatan ini”tandasnya (dzul)

Apa Komentar Kalian?