HMI Komisariat Hukum Trisakti Gelar Basic Training LK-I

Independensi.id, Bogor Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hukum Trisakti Cabang Jakarta Barat menggelar Basic Training (Latihan Kepemimpinan I) dengan tema, “Mewujudkan kader yang berkarakter, berjiwa sosial serta menjunjung tinggi intelektualitas islam”, di Villa Panorama, Curug, Kabupaten Bogor, Jumat (23/09/2016) kemarin

Ketua umum HMI Cabang Jakarta Barat, Fahmil Rozi dalam sambut menuturkan, LK I ini peserta diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin, baik pemimpin di struktural organisasi, masyarakat maupun pemimpin di dirinya sendiri.

“Di latihan kader ini diajarkan bagaimana mengorganisir suatu lembaga ataupun mengorganisir diri sendiri, karena di HMI bukan hanya diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin melainkan cara berorganisasipun diajarkan,” ungkap Fahmil Rozi

Hal senada juga di sampaikan Jenri Ardiansyah selaku Ketua Umum HMI Komisariat Hukum Trisakti mengatakan bahwa estafet perkaderan harus terus berlanjut, terutama perkaderan yang berkarakter.

“Perkaderan yang berkarakter merupakan ciri khas HMI, dalam hal ini kita para kader HMI dituntut untuk menciptakan karakter kita masing-masing. Dengan kita berkarakter, maka dengan sendirinya orang yang di luar HMI akan menilai bahwa kita itu HMI tanpa harus memperkenalkan bahwa kita itu HMI,” ujarnya.

Jenri juga menambahkan melalui kegiatan ini, peserta juga akan di gembleng secara intelektual dalam menyampaikan gagasannya. “Kita yang mempunyai kerangka berfikir secara sistematis, diwajibkan memiliki jiwa sosial yang lebih tinggi. Oleh karena itu, melalui latihan kader yang kami adakan ini mereka (pesertya) digembleng secara intelektual, menyampaikan gagasan-gagasan yang mereka miliki sehingga mereka dengan sendirinya dapat membentuk karakternya masing-masing” tandasnya.

Andriyatno selaku instruktur pada latihan kader HMI Komisariat Hukum Trisakti Cabang Jakarta Barat menjelaskan bahwa LK I yang dilaksanakan selama tiga hari ini yang di mulai pada Jumat, 23-25 September,  ini adalah bagian dari proses pengkaderan yang ada di dalam HMI.

“Latihan kader 1 ini merupakan langkah awal dari jenjang pertrainingan yang HMI miliki, kedepan para kader yang sudah melaksanakan latihan kader 1 akan dihadapkan dengan latihan kader 2, latihan kader 3 dan seterusnya” ujarnya.

Lebih lanjut ia juga mengharapkan,diadakanya peserta LK I nantinya yang dinyatakan lulus mengikut kegiatan ini bisa menjadi kader yang paripurna, karena bagaimanapun kader adalah tulang punggung organisasi, pungkasnya (Uci Sanusi)

Apa Komentar Kalian?